News
Home  »  News  »  Penemuan Cadangan Ga...
Oct
21
2011
Penemuan Cadangan Gas dan Kondensat di North Klalin, Sorong, Papua Barat
News
0

Cadangan gas dan kondensat di North Klalin, di area sekitar Sorong, Papua Barat berhasil ditemukan PetroChina International (Bermuda) Ltd.  Hasil tes sumur Eksplorasi North Klalin-1 yang dilakukan baru-baru ini, memperlihatkan produksi harian sumur tersebut mencapai 5,867 MMSCFD (juta standar kaki kubik per hari) pada bukaan 24/64 inchi, dengan kondensat ikutan sebesar 137 BCPD (barel kondensat per hari). Sumur tersebut dibor pada bulan Juni 2011 dan diselesaikan pada bulan September 2011.

Penemuan cadangan baru tersebut akan menambah jumlah produksi gas yang dihasilkan PetroChina dari Blok Kepala Burung PSC, yang saat ini besarnya sekitar 7 ribu setara barel minyak per hari (barrel oil equivalent per day/BOEPD). Penemuan tersebut juga sekaligus akan menambah jumlah produksi gas dan minyak nasional, terutama menambah pasokan atas kebutuhan gas regional yang kian meningkat.   Dan diharapkan akan berlanjut pada pemboran di sumur-sumur pembuktian dan pengembangan berikutnya.

PetroChina International (Bermuda) Ltd. dimiliki oleh empat pemegang interest, yakni PetroChina International 30,000%, Petrogas (Basin) Ltd. 34,064%, RH Petrogas Salawati Basin BV 25,936%, dan PT. Pertamina Hulu Energy 10,000%. PetroChina memiliki lima wilayah operasi di Indonesia, masing-masing dua di Papua Barat, dua di Jambi dan satu di Tuban.

source: ESDM